Menu

Kamis, 30 Desember 2010

Masalah-masalah pada komputer

KERUSAKAN PERANGKAT KERAS

           

Masalah ini biasanya disebabkan oleh pabrik pembuat perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan pada network. Pada perangkat keras, biasanya selalu ada satu atau dua item produk yang mengalami cacat produksi, dan biasanya perusahaan tersebut bersedia memberikan garansi penuh jika perangkat keras Network mengalami cacat semacam ini. Pada perangkat lunak, hampir sebagian besar perangkar lunak yang terdapat di pasaran memiliki Bug atau error pada rutin programnya.

MASALAH HACKER

           

Hacker adalah orang yang sengaja mengutak – atik suatu jaringan computer dengan tujuan untuk menembus jaringan yang bukan haknya.
Hacker bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu :
  1. Hacker dari dalam, bisa merupakan pegawai perusahaan yang mungkin ingin mendapatkan informasi lebih dari yang diberikan kepadanya.
  2. Hacker dari luar, yaitu orang luar organisasi yang tidak memiliki keterikatan apapun dengan organisasi


                                      MASALAH VIRUS                                                            

           

Masalah virus bisa jadi masalah utama pada sebuah Network, terutama internet. Beberapa kemungkinan dimana internet dapat terinfeksi virus yaitu pada :
  1. Internet yang menggunakan folder bersama. Pada network yang menggunakan folder bersama (shared folder), semua karyawan bisa mengirimkan file miliknya ke folder bersama ini akan digunakan oleh semua orang, maka sudah pasti Network anda tidak lama lagi akan lumpuh.
  2. Internet yang di hubungkan keluar. Biasanya yang memiliki akses internet akan “gatal” untuk mendownload program baru dan menarik situs -  situs web seluruh dunia. Walaupun menarik, tetapi sangat berbahaya.







By : Muhammad Mas'ud


Macam-macam input devices dan Fungsinya

A.      Macam-macam input devices :
a)      Keyboard
b)      Mouse
c)       Touch Pad
d)      Light Pen
e)      Joy Stick dan Games Paddle
f)       WebCam
g)      Scanner
h)      Kamera Digital
i)        Graphics Pads
j)        Mikropon dan Headphone

B.      Fungsi
a.       Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
b.      Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
c.       Touchpad
Adalah sebuah alat input yang biasanya digunakan pada laptop, sebagai penggerak kursor pada monitor melalui stimulasi gerakan jari yang menyentuh touchpad tersebut, dengan fungsi ini pula touchpad digunakan sebagi pengganti mouse.
d.      Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.        Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f.       Barcode reader
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. 
g.      Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.       

h.       Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

i.      Kamera Digital
fungsi dari kamera digital sama seperti fungsi kamera pada umumnya, yaitu untuk mengambil gambar dan menyimpannya dalam sebuah media. perbedaan kamera digital dgn kamera biasa adalah di media penyimpannya. pada kamera digital, gambar disimpan dalam bentuk format digital di sebuah media penyimpan digital (memory card).
j.        Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

k.      Graphics Pads - Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor, dengan teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat


Rabu, 29 Desember 2010

History of the Internet

1. First internet history

History of the Internet began in 1969 when the U.S. Defense Department, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) decided to conduct research on how to connect a number of computers so as to form an organic network. This research program known as the ARPANET. In 1970, already more than 10 computers are successfully connected to each other so that they can communicate with each other and form a network.
In 1972, Roy Tomlinson managed to complete the e-mail program that he created a year ago for the ARPANET. E-mail program is so simple it immediately became popular. In the same year, the icon @ also introduced as an important symbol that shows the "at" or "on". In 1973, ARPANET computer network were developed outside the United States. Computer University College in London is the first computer that is outside the United States who are members of ARPAnet network. In the same year, two computer experts that Vinton Cerf and Bob Kahn presented a bigger idea, which became the forerunners of the Internet thinking. This idea was presented for the first time at the University of Sussex.
The next historic day is March 26, 1976, when the Queen of England managed to send an e-mail from the Royal Signals and Radar Establishment at Malvern. A year later, already more than 100 computers on ARPANET joined to form a network or network. In 1979, Tom Truscott, Jim Ellis and Steve Bellovin, creating the first-named newsgroups USENET. In 1981 France Telecom creates a buzz by launching the first television telephone, where people can call each other while associated with the video link.
Because the computers that form a network of daily increasing, it needed a formal protocol that is recognized by all networks. In 1982 established Transmission Control Protocol or TCP and Internet Protocol or IP as we know it all. Meanwhile in Europe appear counter computer network known as Eunet, which provides computer network services in these countries the Netherlands, Britain, Denmark and Sweden. Eunet network providing e-mail and USENET newsgroups.
To homogenize the address on existing computer networks, then in 1984 the domain name system was introduced, which now we are familiar with DNS or Domain Name System. Computers that are connected with the existing network has more than 1000 computers more. In 1987 the number of computers that are connected to the network soared 10-fold to 10,000 more.
In 1988, Jarko Oikarinen of Finland discovered and at once introduced the IRC or Internet Relay Chat. A year later, the number of interconnected computers soared 10-fold return in a year. No fewer than 100,000 computers are now forming a network. Year 1990 is the year's most historic, when Tim Berners Lee to find a program editor and browser that can roam from one computer to another computer, which form a network. The program is called www, or worl Wide Web.
In 1992, computers that are connected to each other form the network has exceeded a million computers, and in the same year the term surfing the internet. In 1994, the website has grown to 3000 pages address, and for the first time in a virtual-shopping or e-retail surfaced on the internet. The world changed. In the same year Yahoo! established, which is also well-born Netscape Navigator 1.0.
Simak
Baca secara fonetik



Selasa, 28 Desember 2010

Syukur Alhamdulillah

Alhamdulillah Kami ucapkan kepada Allah swt. yang telah meridhoi kami
dalam menyelesaikan pembuatan blog ini.

semoga blog ini selalu bermanfaat bagi semua insan di muka bumi ini......
Amiiinnnn....................................

By : Muhammad Mas'ud